Kodim 0833/Kota Malang Gelar Peringatan Tahun Baru Islam 1444 H/2022 M

SKETSAMALANG.COM – Kodim 0833/Kota Malang menggelar Peringatan Tahun Baru Islam 1444 H/ 2022 M. Bertempat di Aula Makodim 0833 Jalan Kahuripan No.06 Kecamatan Klojen, kegiatan ini dihadiri 60 orang anggota, Jum’at (29/07/2022).

Pada kesempatan tersebut, Dandim 0833/Kota Malang Letkol Kav Heru Wibowo Sofa SH MHan mengajak para anggota bersama-sama untuk selalu bersyukur kepada Allah SWT.

Disampaikan Dandim, tahun baru Islam menjadi ajang intropeksi diri. Semua perbuatan yang dilakukan selama ini.

“Kita harus pandai mengoreksi pada diri masing-masing. Bagaimana hasil amal perbuatan yang telah kita lakukan apakah sudah baik atau atau belum,” ujarnya.

“Kita juga dianjurkan supaya takut kepada Allah dan mengoreksi diri kita masing-masing atas segala perbuatan yang telah dilakukan untuk menghadapi hari esok. Hidup di akherat kelak,” ungkapnya.

Sementara itu Pengasuh ponpes Miftahul Huda KH. Abdul azis Muslim dalam ceramahnya menyampaikan, Khalifah Umar Bin Khatab R.A telah menetapkan perhitungan tahun Islam yang sangat populer disebut tahun Hijriyah. Sebab tahun pertamanya ditetapkan mulai hijrahnya Rasulullah SAW dari Kota Makkah ke Kota Madinah yaitu pada tahun 622 Masehi.

“Tujuan sahabat Umar bin Khatab R.A memilih peristiwa hijrahnya Rasulullah SAW dari Makkah ke Madinah sebagai momentum yang paling tepat untuk menentukan awal tahun Islam. Karena peristiwa tersebut mengandung makna yang sangat penting bagi ummat Islam khususnya dan bagi ummat manusia umumnya,” terangnya.

Diperintahkan berhijrah sebagaimana Rasulallah SAW diperintahkan hijrah. Hanya saja hijrah yang dilakukan sekarang ini adalah disebut hijrah galbiyah, yaitu berusaha memperbaiki dan meningkatkan kualitas diri.

“Berusaha supaya masa depan kita lebih baik dari masa lalu. Hendaklah hari ini lebih baik dari hari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini,” tandasnya.

(Visited 61 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *