KASAD Award. Foto: Ist

Apresiasi Peran Media, TNI AD Gelar KASAD Award

Sketsamalang.com – Sebagai bentuk apresiasi kepada media yang turut merawat kebangsaan, TNI Angkatan Darat menyelenggarakan KASAD Award 2023. Dengan 10 kategori yang mengartikulasikan isu-isu strategis.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal Dr. Dudung Abdurachman, dalam sambutannya mengatakan, TNI AD memiliki concern terhadap berbagai tantangan kebangsaan saat ini. Sebab apabila tidak diatasi bersama, akan meruntuhkan sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

KASAD Jenderal Dr. Dudung Abdurachman meberikan sambutan. Foto: Ist
KASAD Jenderal Dr. Dudung Abdurachman meberikan sambutan. Foto: Ist

Kondisi ini membutuhkan sebuah paradigma baru tentang keamanan yang tidak lagi semata-mata memfokuskan kepada keamanan negara, namun juga keamanan individual (individual security) atau keamanan manusia (human security).

“Dalam kerangka pembangunan human security itulah, TNI AD mencermati peran penting pers dalam mengartikulasikan 10 isu strategis yang masuk dalam kategori penilaian dewan juri,” ujarnya, di Aula A.H. Nasution, Markas Besar TNI Angkatan Darat, Senin (10/7/ 2023).

Menurutnya, peran pers sangatlah strategis dalam upaya turut membangun awareness publik terhadap berbagai permasalahan human security. Pers sebagai media penyalur informasi yang akurat, berimbang, dan independen sangat krusial dalam menjalankan peran membangun pengetahuan masyarakat dan melakukan pengawasan terhadap kepentingan umum.

“Oleh karena itu, “KASAD Award 2023: Apresiasi untuk Media” diberikan kepada pers yang memberi perhatian terhadap 10 isu strategis tersebut,” tandasnya.

Dandim 0833 nonton bareng penyerahan KASAD Award. Foto: ANC
Dandim 0833 nonton bareng penyerahan KASAD Award. Foto: ANC

Sementara itu, Dandim 0833/Kota Malang,
Letkol Kav Heru Wibowo Sofa, S.H., M.Han. sangat mengapresiasi KASAD Award. Menurut Dandim, media harus bisa menjadi tonggak edukasi masyarakat.

“Utamanya yang berkaitan dengan ahaya radikalisme. Maupun paham-paham yang sekiranya berpotensi memecah belah, mengancam keamanan dan kondusifitas. Atau hal-hal yang negatif bagi negara kita,” ucapnya usai nonton bareng KASAD Award di Aula Kodim 0833.

Apalagi sebentar lagi menghadapi Pemilu. Minimal mampu mengcounter black campaign, sehingga tidak ada lagi hoax.

“Karena itu prinsip saring sebelum sharing harus diutamakan,” tandasnya.

Semoga kegiatan semacam KASAD Award ini bisa diikuti dan digelar oleh institusi yang lain. Sebagai salah satu bentuk apresiasi kepada peran media selama ini.

“Mungkin ini awal untuk memicu institusi lain untuk melakukan hal yang sama,” pungkasnya.

(Visited 35 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *