Kasdim 0833 menanam pohon Pule. Foto: Anc

Peduli Lingkungan, Kodim 0833 Laksanakan Aksi Tanam Pohon Bersama Taruna Cilik

SKETSAMALANG.COM – Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, Kodim 0833/Kota Malang turut melaksanakan aksi penghijauan. Dengan menanam sejumlah pohon Pule di SD Kartika IV-7, Sabtu (5/11/2022).

Aksi penanaman pohon Pule ini juga dilakukan bersama para “Taruna Cilik” siswa-siswi SD Kartika IV-7.

Kasdim 0833, Mayor Arm Choirul Efendi menyampaikan, kegiatan penanaman pohon Pule ini sebagai bentuk kepedulian jajaran Kodim 0833/Kota Malang terhadap lingkungan. Terutama pada isu perubahan iklim.

“Penghijauan merupakan salah satu kegiatan penting yang harus dilaksanakan secara konseptual dalam menangani krisis lingkungan. Terutama yang berkaitan dengan perubahan iklim,” tuturnya.

Kasdim 0833 menyampaikan sambutan. Foto: Agus N
Kasdim 0833 menyampaikan sambutan. Foto: Agus N

Lebih lanjut, Wakil Walikota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, sangat mengapresiasi kegiatan penanaman pohon Pule. Terlebih, kegiatan ini diikuti para siswa sekolah dasar.

Menurutnya, acara semacan ini sangat penting bagi anak-anak. Agar mereka tanggap, paham dan simpati terhadap perubahan iklim.

“Masih kecil sudah diajak untuk berpikir peduli lingkungan. Makanya ini menjadi momen yang sangat penting,” ucapnya.

Menurutnya, macam-macam cara dilakukan orang agar dapat beradaptasi dengan iklim.
Ada yang menggunakan kipas angin maupun dengan pendingin ruangan. Tapi itu sebatas dilakukan hanya untuk dirinya pribadi.

“Sedangkan dengan menanam pohon, itu untuk lingkungan dan kehidupan generasi yang akan datang. Ini kalau dilakukan bersama-sama akan jauh lebih bagus. Apalagi ditanamkan sejak dini,” tuturnya.

Namun demikian, pria yang akrab disapa Bung Edi ini menegaskan bahwa peduli lingkungan tidak cukup dengan menanam saja. Tapi juga harus mampu merawatnya.

“Kita tanamkan budaya untuk gemar menanam pada anak-anak sejak dini. Tapi menanam saja tidak cukup, harus juga merawat. Jadi menanam jangan lupa untuk merawat,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SD Kartika IV-7, Fitria Minarni, S.Pd menjelaskan, kegiatan penanaman pohon ini merupakan upaya dari pihak sekolah untuk menggelorakan sekolah berwawasan lingkungan.

“Kami bekerjasama dengan HPAI dan Astra. Dimana program ini adalah untuk aksi tanam pohon pule bersama puluhan Taruna Cilik siswa SD Kartika IV-7,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memacu semangat seluruh jajaran Kartika IV-7 untuk terus berkarya melestarikan lingkungan.

“Sekaligus mengimplementasikan kepada masyarakat sekitar,” pungkasnya.

(Visited 69 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *