Cegah Penularan PMK, Babinsa Ciptomulyo Pantau Kesehatan Hewan di RPH Perumda Tunas

SKETSAMALANG.COM – Babinsa Ciptomulyo Koramil 0833/04 Sukun, Serda Wakidun, mendampingi pemantauan kesehatan hewan ternak yang terinfeksi Virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Bertempat di Rumah Potong Hewan (RPH) Perumda Tunas Kota Malang, Jalan Kolonel Sugiono No. 176, Kelurahan Ciptomulyo, Kecamatan Sukun/ Kota Malang, Rabu (1/6/2022).

Serda Wakidun mengatakan pemeriksaan kesehatan dilakukan terhadap 19 ekor sapi, 30 ekor Babi dan 17 ekor kambing. Tujuannya sebagai upaya preventif untuk mencegah terjadinya penularan virus penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak.

“Dari hasil pemantauan dengan dinas terkait, semua hewan di RPH Perumda Tunas yang telah diperiksa dinyatakan dalam kondisi sehat,” ujarnya dalam keterangan tertulis Penerangan Kodim 0833/Kota Malang.

Menurutnya, sosialisasi PMK dan penyemprotan cairan disinfektan juga diberikan oleh petugas. Termasuk dalam menjaga kebersihan kandang hewan ternak, serta sarana prasarana yang digunakan sebagai upaya pencegahan agar terhindar dari PMK.

Harapannya agar para peternak juga bisa bekerja bersama untuk mencegah penyebaran virus PMK.

“Sehingga seluruh wilayah khususnya di Kelurahan, Ciptomulyo, Kecamatan Sukun, aman dari virus PMK,” tuturnya.

Sementara itu, Staf Kabag Umum RPH, Dedik mengatakan, terkait kesehatan untuk semua hewan ternak yang ada di RPH, sudah dalam pengawasan dokter hewan RPH.

Disebutkan, virus PMK ini tidak menular ke manusia. Tetapi sangat cepat menular ke sesama hewan ternak.

“Ciri-ciri hewan terinfeksi virus ditandai dengan air liur berlebihan, luka lepuh seperti sariawan di lidah dan gusi. Serta muncul luka pada kuku, tumit dan celah kuku,” pungkasnya.

(Visited 43 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *