Personel Koramil 0833/01 Klojen Tanam Rumput Vetiver untuk Cegah Banjir dan Longsor

Sketsamalang.com – Danramil 0833/01 Klojen, Lettu Inf Kieswo Sudigdo, bersama warga melaksanakan penanaman rumput Vetiver di RT. 07 RW. 07 Kelurahan Kiduldalem Kecamatan Klojen Kota Malang, Rabu (22/5/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya banjir dan tanah longsor di wilayah tersebut.

Lettu Inf Kieswo Sudigdo menjelaskan, rumput vetiver memiliki akar yang kuat sehingga dapat membantu menahan tanah dan mencegah erosi. Selain itu, rumput vetiver juga dapat membantu menyerap udara sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya banjir.

“Rumput vetiver ini juga baik untuk mencegah banjir dan mencegah tanah longsor jika ditanam berdekatan. Karena akar-akarnya sangat kuat,” jelas Lettu Inf Kieswo Sudigdo.

Akar rumput vetiver juga memiliki manfaat lain, yaitu sebagai pengusir serangga seperti ngengat dan nyamuk. Hal ini karena rumput vetiver mengeluarkan aroma yang tidak disukai oleh serangga.

Penanaman rumput vetiver ini disambut baik oleh masyarakat setempat. Mereka berharap dengan ditanamnya rumput vetiver ini, lingkungan mereka akan menjadi lebih terawat dan terhindar dari bencana alam seperti tanah longsor.

(Visited 4 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *