Babinsa Koramil 0833/05 Lowokwaru Bersama DLH Bersihkan Saluran Drainase di Jatimulyo

Sketsamalang.com – Dalam rangka mengantisipasi musim hujan dan mencegah terjadinya banjir, Babinsa Koramil 0833/05 Lowokwaru, Kelurahan Jatimulyo. Bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan masyarakat setempat, melaksanakan kegiatan pembersihan saluran drainase yang berlokasi di sepanjang Jalan Coklat, Kelurahan Jatimulyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, pada hari Selasa (12/3/2024).

Peltu Fatkur Arief dan Sertu Abd. Kholik memimpin kegiatan ini dengan tujuan tidak hanya untuk mencegah banjir tetapi juga untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat bagi masyarakat.

“Kegiatan ini sekaligus menjadi sarana silaturahmi antara TNI dan warga, memperkuat kerjasama komunal. Dan menunjukkan kepedulian TNI dalam menghadapi musim penghujan yang seringkali diiringi banjir di beberapa wilayah,” jelasnya.

Kerjasama antara anggota TNI, Dinas Lingkungan Hidup dan masyarakat menjadikan kegiatan ini berjalan dengan lancar. Partisipasi warga setempat terlihat antusias dalam mengangkut sampah dan membersihkan saluran air yang telah lama tertutup oleh sampah dan sedimen.

“Kebersamaan ini tidak hanya meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan saluran air. Tetapi juga menanamkan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sehari-hari,” tuturnya.

Babinsa Peltu Fatkur Arief menyampaikan bahwa upaya preventif seperti pembersihan drainase ini merupakan langkah konkret untuk mengurangi risiko banjir yang dapat mengganggu aktivitas masyarakat.

“Kami berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini, bisa membantu mengurangi genangan air ketika hujan tiba dan juga sebagai salah satu bentuk adaptasi kita terhadap perubahan iklim,” ujar Peltu Fatkur Arief.

Pembersihan drainase ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi kelurahan lainnya untuk melakukan kegiatan serupa. Sehingga mampu memberikan manfaat yang lebih luas dalam mencegah banjir dan menjaga lingkungan.

“Babinsa Koramil 0833/05 Lowokwaru berkomitmen untuk terus mendukung dan berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada kesejahteraan masyarakat serta kelestarian lingkungan,” tandasnya.

 

(Visited 18 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *