Babinsa Kasin Bantu Evakuasi Korban Tanah Longsor di Wilayahnya

Sketsamalang.com – Babinsa Koramil 0833/01 Klojen Kelurahan Kasin Serda Eka Setyadi bersama Bhabinkamtibmas dan warga membantu evakuasi bencana tanah longsor. Yang terjadi di wilayah RT.08 RW. 03 Keluranhan Kasin, Selasa (9/1/2024).

Tanah longsor tersebut disebabkan hujan dengan intensitas tinggi hingga mengakibatkan bencana tanah longsor yang mengakibatkan 2 rumah warga mengalami rusak. Adapun data rumah yang diakibatkan tanah longsor :
1. Nama : Joko Wicaksono
Umur : 48 Th
Agama : Islam
Pekerjaan : Swasta
Alamat : Jl.Kasin Gg Kramat
RT08 RW03 Kel Kasin Malang

2. Nama : Mat Raji
Umur : 58 Th
Agama : Islam
Pekerjaan : Swasta
Alamat : Jl.Kasin Gg Kramat
RT08 RW03 Kel Kasin Malang

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun rumah mengalami kerusakan serta mengalami kerugian material kurang lebih 70 juta akibat tanah longsor.

Dengan adanya tanah longsor tersebut, Babinsa bersama Bhabinkamtibmas dan masyarakat sekitar melakukan gotong royong membersihkan material longsor.

Dalam keterangannya di lapangan, Babinsa Koramil 0833/01 Kelurahan Kasin Serda Eka Setyadi mengatakan, kegiatan gotong royong tersebut merupakan wujud kepedulian sosial. Sebagai upaya membantu mengatasi kesulitan warga, terutama warga yang sedang mengalami musibah bencana alam.

“Kami selalu memantau dan monitoring wilayah binaan setiap saat, sehingga apabila terjadi bencana alam, kami cepat untuk melakukan penanganan”, ungkap Babinsa.

Mengingat wilayah rawan terjadi bencana alam, Babinsa Kasin juga menghimbau kepada warga agar selalu meningkatkan kewaspadaan.

“Selalu tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan sebagai langkah antisipasi bencana alam. Utamakan keselamatan perorangan dan keluarga saat terjadi bencana alam, salah satunya dengan memastikan jalur evakuasi aman, guna menghindari korban jiwa”, tutur Babinsa.

Sementara itu PJ. Danramil 0833/01 Klojen Lettu Inf Kieswo Sudigdo memerintahkan Babinsanya untuk datang dan membantu evakuasi awal barang-barang untuk diamankan serta melaksanakan koordinasi dengan aparat terkait.

“Saat ini hujan masih sering turun hujan dengan intensitas yang cukup tinggi. Untuk itu perlu melakukan pemantauan terhadap lingkungan disekitar kita. Sekiranya ada tanda-tanda longsor seperti pohon atau tiang miring, ada retakan mendengar suara gemuruh maka segera laporkan kepada aparat terkait guna diambil langkah – langkah penyelamatan untuk mengurangi korban ” pungkasnya.

(Visited 25 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *