Babinsa Koramil 0833/03 Sampaikan Wasbang Siswa SMKN 8 Malang

Sketsamalang.com – Dalam upaya menumbuhkan jiwa pemimpin dan kedisiplinan pelajar SMKN 8 Malang. Babinsa Koramil 0833/03 Blimbing Serma Suyitno memberikan pembekalan Karakter dan Wawasan Kebangsaan kepada 300 Pelajar SMKN 8 Kelas X dan XI.

Bertempat di Lapangan Indoor SMKN 8 Arjosari Jalan Teluk Pacitan Kelurahan Arjosari Kecamatan Blimbing Kota Malang, Rabu (20/12/2023).

Para pelajar tersebut, diberikan pelatihan karakter dan juga diberikan pemahaman tentang Wawasan kebangsaan (Wasbang) dan pembekalan tentang bagaimana cara bela negara yang sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945.

“Kepada para siswa juga ditanamkan jiwa Nasionalisme dan pemahaman tentang pentingnya melakukan penghormatan pada lambang-lambang negara. Seperti kepada bendera Negara Kesatuan Republik Indonesia, yaitu bendera merah putih sebagai bendera kebangsaan Indonesia,” ujar Serma Suyitno.

Dalam kegiatan tersebut, Serma Suyitno menyampaikan kepada siswa SMKN 8 Malang materi tentang empat pilar kebangsaan. Yaitu tentang pengertian dan pemahaman Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI, bersikap disiplin, rapi dalam berpenampilan.

“Karena untuk menjadikan bagian pendidikan yang berkarakter pada generasi muda sebagai calon pemimpin bangsa dimasa depan,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SMKN 8 Malang Drs. Moh.Guntur Sayekti M.Pd pembekalan pembinaan karakter dan wawasan kebangsaan sangatlah diperlukan. Untuk diberikan kepada generasi muda yang diharapkan bisa menjadi jembatan dalam kesinambungan kepemimpinan nasional kelak.

Agar mereka mendapatkan ilmu dan mengerti tentang sejarah perjuangan bangsa dan agar nantinya mereka sebagai penerus bangsa ini, turut ikut mengisi dan mewarnai kemerdekaan ini dalam pembangunan bangsa sesuai dengan amanat undang- undang.

“Pengetahuan ini, bisa diberikan kepada masyarakat Indonesia sejak dini, seperti yang diberikan kepada siswa-siswi di sekolah, agar dapat membentuk karakter pelajar yang disiplin, jujur, berbakti, menjunjung tinggi nilai luhur bangsa dan tetap menjaga keutuhan NKRI,” pungkasnya.

(Visited 19 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *