Dandim 0833 Sampaikan Pentingnya Pendidikan Wawasan Kebangsaan

Sketsamalang.com – Dalam rangka memperkuat implementasi wawasan kebangsaan di kalangan kepala sekolah dasar negeri, Dandim 0833/Kota Malang, diundang sebagai narasumber dalam acara Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PWK).

Bertempat di Hotel 101, Jalan Dr. Cipto No. 11, Kelurahan Rampal Celaket, Kecamatan Klojen, Kota Malang pada Kamis (20/7/2023).

Dalam sesi pemaparan materi, Dandim 0833/Kota Malang, Letkol Kav Heru Wibowo Sifa, S.H, M.Han menyampaikan dua hal penting yang harus ditanamkan dalam pendidikan karakter bagi siswa. Yaitu berpedoman pada budaya dan kearifan lokal serta memiliki akhlakul karimah.

Menurut Dandim 0833/Kota Malang, pendidikan yang berkarakter haruslah dilandasi oleh pemahaman akan budaya dan kearifan lokal.

“Hal ini perlu dilakukan agar siswa memiliki kedekatan dengan nilai-nilai kearifan lokal yang ada di lingkungan mereka. Dengan demikian, siswa akan mampu menjaga dan melestarikan budaya setempat sebagai identitas bangsa,” ujarnya.

Selain itu, Dandim 0833/Kota Malang juga menekankan pentingnya akhlakul karimah dalam pendidikan. Menurutnya, pendidikan dengan akhlakul karimah harus menjadi fokus utama dalam upaya membentuk generasi yang berintegrasi dengan nilai-nilai agama dan moral yang baik.

“Dengan adanya akhlakul karimah, siswa diharapkan dapat menjadi generasi yang berbudi pekerti luhur serta mampu menghormati dan membantu sesama,” tandasnya.

Acara Pendidikan Wawasan Kebangsaan ini dihadiri kepala sekolah dasar negeri di Kota Malang serta pihak terkait lainnya. Diharapkan, pemaparan materi dari Dandim 0833/Kota Malang dapat memberikan wawasan dan pandangan baru dalam mengembangkan kurikulum pendidikan yang lebih berorientasi pada pembangunan karakter dan kebangsaan.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 0833/Kota Malang juga berharap agar pendidikan wawasan kebangsaan dapat lebih diperhatikan dan diimplementasikan secara menyeluruh di lingkungan sekolah. Hal ini penting dalam mempersiapkan siswa sebagai generasi penerus bangsa yang memiliki rasa cinta tanah air dan tanggung jawab sebagai warga negara yang baik.

“Dengan semangat dan tekad yang kuat, Dandim 0833/Kota Malang bersama para kepala sekolah dasar negeri di Kota Malang berkomitmen untuk terus mendorong pendidikan wawasan kebangsaan demi mencetak generasi muda yang cerdas, bertanggung jawab, dan mencintai tanah air,” pungkasnya.

(Visited 33 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *