Babinsa Purwantoro Hadiri Pelatihan Pembuatan Ecoprint di Kampung Sanan

Sketsamalang.com – Babinsa Koramil 0833/03 Blimbing Kelurahan Purwantoro, Pelda Hendra Irawan, menghadiri Pembukaan Pelatihan Pembuatan Ecoprint Bagi Masyarakat Non Pengrajin Tempe di Kampung Sanan.

Bertempat di Primkopti Kampung Sanan, pelatihan ecoprint ini disampaikan langsung oleh Tim Dosen Universitas Negeri Malang (UM), Minggu (11/6/2023).

Ketua Tim Dosen UM, Drs. Sumarwahyudi, M.Sn menyampaikan, pelatihan ini sebetulnya merupakan permintaan dari Warga Sanan sendiri. Yang meminta untuk dilatih membuat batik tulis.

Pelatihan ecoprint di Kampung Sanan. Foto: ANC
Pelatihan ecoprint di Kampung Sanan. Foto: ANC

Namun karena proses pembuatannya yang sangat panjang, maka Tim Dosen UM mencoba mengakomodasi permintaan itu. Tetapi dialihkan ke batik ecoprint yang prosesnya tidak terlalu rumit dan bahannya juga mudah dicari karena berasal dari sekitar.

“Dan yang paling penting adalah limbahnya tidak mencemari lingkungan,” jelasnya.

Selain itu, pertimbangan lainnya yang juga tidak kalah penting adalah ecoprint ini menjadi trend saat ini. Dimana produk ecoprint itu harganya cukup mahal, peminatnya juga cukup banyak.

“Itu yang menjadi pertimbangan kenapa ecoprint yang kami pilih untuk kami ajarkan di Sanan,” tuturnya.

Sementara itu Babinsa Koramil 0833/03 Blimbing Kelurahan Purwantoro, Pelda Hendra Irawan, menyampaikan ucapan terimakasih kepada UM. Yang telah membantu warga Sanan RW 15 dan 16 untuk memicu dan memacu keterampilan yang ada di wilayah Sanan.

“Mudah-mudahan hal ini bisa diterapkan kedepannya oleh warga Sanan. Dan nantinya ada ciri khas sendiri yang akan ditampilkan di Sanan ini.

“Sehingga selain dikenal dengan keripik tempenya, kampung Sanan juga dikenal dengan produk ecoprintnya,” tuturnya.

Karena itu Pelda Hendra meminta kepada UM untuk selalu memberikan pendampingan dan bersinergi dengan Kampung Sanan. Apapun yang diinginkan oleh warga Sanan kedepannya mudah-mudahan UM bisa selalu mensuport kegiatan ini.

“Begitu juga sebaliknya, imbal balik dari warga Sanan ini mudah-mudahan apapun program dari UM, warga Sanan juga bisa selalu mensuport,” pungkasnya.

 

 

(Visited 18 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *