Babinsa bantu korban tanah longsor

Babinsa Sukun Bantu Penanganan Tanah Longsor di Wilayah Binaan

Sketsamalang.com – Babinsa Koramil 0833/04 Sukun Kelurahan Gadang, Peltu Sugiyanto dan Sertu Sofyan bersama relawan PMI dan masyarakat. Melaksanakan karya bakti membantu menangani bencana tanah longsor di bibir sungai Brantas, Minggu (5/2/2023).

Tanah longsor disebabkan hujan dengan intensitas tinggi. Sehingga mengakibatkan tebing longsor menimpa rumah Bapak Yahya Sukiono yang beralamatkan di Jalan Raya Gadang VII No.20 RT. 11/RW. 01, Kelurahan Gadang, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Yang mengakibatkan atap kamar depan rusak tertimpa material longsoran.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun rumah mengalami kerusakan akibat tertimpa tanah longsor.

Dengan adanya tanah longsor tersebut, Babinsa bersama Relawan PMI dan masyarakat sekitar melakukan gotong royong membersihkan material longsor dan perbaikan rumah warga dengan alat seadanya.

Dalam keterangannya di lapangan, Babinsa Koramil 0833/04 Kelurahan Gadang Peltu Sugiyanto mengatakan, kegiatan gotong royong tersebut merupakan wujud kepedulian sosial. Sebagai upaya membantu mengatasi kesulitan warga, terutama warga yang sedang mengalami musibah bencana alam.

“Kami selalu memantau dan monitoring wilayah binaan setiap saat. Sehingga apabila terjadi bencana alam, kami cepat untuk melakukan penanganan”, ujarnya.

Mengingat wilayah rawan terjadi bencana alam, Babinsa Gadang juga menghimbau kepada warga agar selalu meningkatkan kewaspadaan.

“Selalu tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan sebagai langkah antisipasi bencana alam. Utamakan keselamatan perorangan dan keluarga saat terjadi bencana alam. Salah satunya dengan memastikan jalur evakuasi aman, guna menghindari korban jiwa,” tutur Babinsa.

Dengan adanya bencana tanah longsor tersebut Danramil 0833/04 Sukun, Kapten Arm Hadi Supratikno, memerintahkan anggotanya untuk datang dan membantu membersihkan material longsor. Tidak lupa saat kegiatan tersebut harus memperhatikan faktor keamanan mengingat saat ini hujan sewaktu – waktu bisa turun yang bisa menyebabkan longsor susulan.

“Saat ini hujan masih sering turun dengan intensitas yang cukup tinggi dan lama. Untuk itu perlu melakukan pemantauan terhadap lingkungan disekitar kita,” ucapnya.

“Sekiranya ada tanda-tanda longsor, segera laporkan kepada aparat terkait. Guna diambil langkah – langkah penyelamatan untuk mengurangi korban,” pungkas Peltu Sugiyanto.

(Visited 30 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *