Babinsa bantu warga

Antisipasi Banjir, Babinsa Kedungkandang Bersama Warga Laksanakan Kerja Bakti Bersihkan Saluran Air

SKETSAMALANG.COM – Babinsa Koramil 0833/02 Kedungkandang Kelurahan Wonokoyo, bersama masyarakat melaksanakan kerja bakti pembersihan selokan tepi jalan. Antisipasi bencana banjir di Jalan Sekarputih Rw. 03 Kelurahan Wonokoyo, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

Kegiatan kerja bakti ini diikuti puluhan warga, termasuk kepala kelurahan bersama Babinsa bergotong royong dengan sasaran pembersihan, pengerukan tanah pada Saluran air, parit sepanjang Jalan Sekarputih. Yang mengalami pendangkalan sehingga mengakibatkan saluran tersebut tidak berfungsi dengan baik sehingga sering banjir ketika hujan, Rabu (21/12/2022).

Babinsa Kelurahan Wonokoyo, Serka Heru Baskoro mengatakan, pembersihan ini harus segera dilakukan. Mengingat kondisi saluran air tidak berfungsi dengan baik yang bisa mengakibatkan terjadinya banjir.

“Apabila tidak segera dibersihkan, maka akan sering terjadi banjir jika hujan turun. Apalagi saat ini memasuki musim penghujan,” ucap Babinsa.

Bukan hanya jalan dan lingkungan, saluran air juga perlu dijaga dan dirawat kebersihannya. Justru yang rentan terhadap sumber penyakit adalah di saluran air atau drainase seperti ini, terlebih apabila terjadi banjir dan genangan air berpotensi menjadi sarang nyamuk.

“Oleh karena itu saya berharap warga tidak lagi membuang sampah sembarangan,” tegas Babinsa.

Sementara itu, Danramil 0833/02 Kedungkandang, Kapten Kav Sarmeli menyampaikan, keberadaan Babinsa dalam masyarakat harus memiliki manfaat bagi masyarakat. Baik dalam mencarikan solusi, membantu tenaga maupun dalam meningkatkan kesadaran masyarakat.

“Untuk senantiasa membiasakan hidup bersih dan sehat serta mampu membantu mengatasi kesulitan masyarakat binaannya,” ucapnya.

Lurah Wonokoyo Bagus Vavan ST, menyampaikan apresiasinya atas peran Babinsa ditengah tengah warganya.

“Karena saluran air Drainase tersebut merupakan salah satu akses pembuangan air dari rumah-rumah dan pekarangan warga. Sehingga sangat vital sekali di samping salurannya tidak jalan juga menyebabkan banjir saat hujan,” jelasnya.

Selain melakukan perbaikan drainase, kerja bakti antara warga dan Babinsa tersebut juga menyasar pada pembersihan jalan di sekitar drainase.

“Sehingga lingkungan tersebut semakin bersih dan sehat,” pungkasnya.

(Visited 35 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *