Peresmian Warung NKRI

BNPT Gandeng GAP Resmikan Warung NKRI ke-19 di Wisata Bukit Sentul

SKETSAMALANG.COM – Berkolaborasi dengan PT Graha Agung Perkasa (GAP), Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), meresmikan Warung NKRI ke-19 di Indonesia. Warung NKRI yang berlokasi di area perumahan Wisata Bukit Sentul (WBS) ini merupakan akronim Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kepala BNPT, Komjen Pol Dr Boy Rafli Amar MH menjelaskan, kehadiran Warung NKRI merupakan hasil kerjasama dengan berbagai pihak. Mulai dari masyarakat, dunia usaha, dunia akademisi, media.

“Tujuannya untuk membangun narasi-narasi kebangsaan yang positif dan bermanfaat bagi bangsa ini,” jelasnya usai meresmikan Warung NKRI ke-19, Minggu (18/12/2022).

Kepala BNPT berbincang sekaligus menikmati menu di Warung NKRI Bukit Sentul. Foto: ANC
Kepala BNPT berbincang sekaligus menikmati menu di Warung NKRI Bukit Sentul. Foto: ANC

Karena di ruang publik ini, lanjut Boy, dengan adanya konsep warung NKRI ini diharapkan adanya semacam pengayakan, pencerahan, pandangan-pandangan dari tokoh-tokoh akademisi, tokoh pemuda yang memang merupakan penggiat dan pecinta tanah air.

“Ini harus dilempar ke ruang publik. Karena semua akan diingatkan. Terutama adalah generasi muda kita yang tentunya tidak boleh gagal paham tentang karakter-karakter bangsa ini,” ucapnya.

Lebih lanjut menurut Boy Rafli, konsep warung NKRI ini ada unsur UMKM, unsur wisata dan unsur edukasi. Sehingga harapannya Warung NKRI menjadi salah satu wadah, ruang bagi masyarakat untuk bisa saling mengingatkan terhadap fenomena-fenomena hari ini. Terutama yang berkaitan dengan narasi dan ideologi-ideologi yang mengedepankan semangat kebencian.

“Maupun ideologi yang berbasis pada kekerasan. karena itu tidak sesuai dengan kepribadian bangsa kita,” ungkapnya.

Dikatakan Boy, untuk membangun narasi-narasi kebangsaan, semua pihak perlu bersatu untuk mewaspadai ideologi yang tidak menguntungkan bangsa.

“Karena itu, kalau kita kuat dalam ideologi Pancasila ini, sebesar apapaun goncangan itu kita tetap bisa bertahan,” tandasnya.

Sejumlah makanan yang disajikan di Warung NKRI Wisata Bukit Sentul. Foto: ANC
Sejumlah makanan yang disajikan di Warung NKRI Wisata Bukit Sentul. Foto: ANC

Sementara itu, Direktur PT Graha Agung Perkasa, Nurhadi, SE menyampaikan, berdirinya Warung NKRI menjadi magnet baru menghidupkan ekonomi UMKM setempat. Sekaligus mewujudkan upaya BNPT sebagaimana disebutkan oleh Komjen Boy Rafli.

“Semenjak dibangunnya tol, wilayah Lawang kurang dilewati, maka kawasan ini harus kita optimalkan. Semoga Warung NKRI ini menjadi magnet baru untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Malang wilayah Utara. Serta masyarakat Kabupaten Pasuruan wilayah Selatan,” ujarnya.

Tak hanya memberdayakan potensi Warung NKRI, rencananya WBS menjadi area pembangunan kawasan wisata rohani Bhinneka Tunggal Ika. Dimana didalamnya terdapat 5 (lima) tempat ibadah dari semua agama yang ada di Indonesia.

“Saya yakin, simbol keberagaman agama dan keberagaman budaya ini, tidak ada di tempat wisata lain. Harapannya, mampu mewujudkan di Ke-Bhineka-an anak bangsa disekitar dan dapat meningkatkan perekonomian Lawang dan Purwodadi,” pungkasnya,

Dalam kesempatan itu, juga dilaksanakan Dialog Kebangsaan dengan menghadirkan 3 (tiga) narasumber.

(Visited 281 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *