Babinsa berikan pelatihan Pramuka

Bina Karakter, Babinsa 0833/4 Berikan Pelatihan Pramuka

SKETSAMALANG.COM – Babinsa Koramil 0833/04 Sukun Kelurahan Pisangcandi, memberikan pelatihan kepada para siswa-siswi SMK Bhakti luhur untuk membina Pramuka Saka Wira Kartika.

Bertempat di jalan Terusan Raya Dieng No.40 Kelurahan Pisangcandi, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Jum’at (18/11/2022).

Babinsa Koramil 0833/04 Sukun Kelurahan Pisangcandi, Serma Hariyanto menjelaskan, Survival yaitu berusaha mempertahankan hidup di alam bebas dari hambatan alam sebelum mendapatkan pertolongan.

Survival terjadi karena adanya kondisi darurat yang sulit diprediksi/diperkirakan seperti disebabkan oleh alam, kecelakaan, gangguan satwa atau kondisi lainnya. Persiapan dan perencanaan kegiatan adalah salah satu langkah untuk mengantasipasi kondisi darurat yang mungkin terjadi di lapangan.

“Hal ini termasuk peralatan maupun perlengkapan dan pengetahuan dasar mengenai survival. Namun hal yang paling menentukan adalah faktor diri sendiri,” jelasnya.

Serma Hariyanto menambahkan, sebelum kegiatan dimulai diawali dengan pembukaan dilanjutkan materi praktek tentang pengertian Survival. Karena adanya usaha manusia untuk keluar dari kesulitan yang dihadapi.

“Kesulitan tersebut diantaranya keadaan alam atau cuaca juga keadaan medan, keadaan mahluk hidup disekitar kita, misalnya binatang dan tumbuhan. Keadaan diri sendiri contohnya mental fisik dan kesehatan banyaknya kesulitan biasanya timbul akibat kesalahan diri sendiri,” tandasnya.

 

 

 

(Visited 36 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *