Dandim memberikan santunan

Peringati Hari Pahlawan Dandim 0833 Sampaikan Materi Semangat Membangun Bangsa dan Negara

SKETSAMALANG. COM – Dandim 0833/Kota Malang menyampaikan materi Semangat Membangun Bangsa dan Negara dalam rangka Sarasehan memperingati hari Pahlawan 2022 yang diselenggarakan oleh Kantor Dinas Sosial (P3AP2KB) Kota Malang.

Bertempat dilantai 5 Ballroom Akasia 1 Hotel Savana Jalan Letjen Sutoyo No.30-34, Kelurahan Kecamatan Klojen Kota Malang, Rabu (16/11/2022).

Pada kesempatan tersebut Dandim 0833/Kota Malang Letkol Kav Heru Wibowo Sofa S.H. M. Han memaparkan tentang, Semangat Membangun Bangsa dan Negara dalam upaya meneruskan perjuangan para Pahlawan.

Disampaikan Dandim, Pancasila merupakan dasar negara Indonesia sudah dikenal sejak zaman kerajaan Sriwijaya dan Majapahit unsur Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Musyawarah, dan Keadilan sosial, hal itu masuk dalam tata kehidupan pemerintahan dan bermasyarakat.

“Adapun nilai-nilai Pancasila justru tercermin dalam perjuangan bangsa. Yakni anti penjajahan, sehingga perumusan Pancasila digaungkan sebagai dasar negara Indonesia yang tertulis secara resmi dalam alinea keempat Pembukaan UUD 1945. Sehingga ditetapkan sebagai dasar negara Indonesia,” jelasnya.

Dandim menambahkan untuk membangkitkan rasa nasionalisme dibuatlah ideologi yang namanya Pancasila, dengan konsep semboyan Bhineka tunggal ika yang mempunya arti berbeda-beda tetap satu, Bhinneka Tunggal Ika menjadi semboyan bangsa Indonesia dan tertulis di dalam lambang Garuda Pancasila.

“Kepada para generasi muda untuk meneruskan semangat dan tekad para pejuang pendahulu kita membangun rasa cinta tanah air. Bahwa apa yang kita nikmati saat ini adalah hasil jerih payah pendahulu, kita tinggal memelihara dan meneruskan cita-cita para pahlawan pendahulu kita masih punya kesempatan untuk maju,” tandasnya.

Sementara itu Wakil Walikota Malang Ir. Sofyan Edi Jarwoko dalam sambutanya juga mengatakan dalam rangka memperingati hari pahlawan Tahun 2022. Dengan berlandaskan semangat hari pahlawan yang di dalamnya mengandung nilai-nilai kepahlawanan.

“Diharapkan dapat terus memberikan energi untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang pamrih,” ucapnya.

Jadikan momentum Peringatan Hari Pahlawan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dan saling menghargai satu sama lain dengan menjadi Pahlawan yang dimulai dari diri sendiri keluarga serta lingkungan sekitar dan

“Jadikanlah semangat “Pahlawanku Tauladanku” sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan kita bersama,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Dandim 0833/ Kota Malang, Letkol Kav Heru Wibowo Sofa S.H. M. Han Wakil Walikota Malang, Ir. Sofyan Edi.

(Visited 12 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *