Seminar kebnagsaan

Narasumber Seminar Kebangsaan, Dandim 0833 Sampaikan Materi Penguatan Toleransi

SKETSAMALANG.COM – Dalam upaya penguatan toleransi dan kerukunan antar umat beragama diperlukan strategi penguatan demi terwujudnya suasana yang kondusif. Khususnya di wilayah Kota Malang.

Mengusung tema “Penguatan Toleransi Dalam Bingkai Kebhinekaan” kegiatan ini menghadirkan

Komandan Kodim 0833/Kota Malang Letkol Kav Heru Wibowo Sifa, S.H, M. Han sebagai Narasumber pada kegiatan Seminar Kebangsaan.

Diikuti 50 orang, kegiatan ini digelar di Hotel Trio Indah 2 Kelurahan Oro Oro Dowo Kecamatan Klojen Kota Malang, Kamis (3/11/2022).

Dalam paparannya, Dandim 0833 mengatakan, Pertahanan dan Keamanan Negara merupakan Faktor yang sangat hakiki dalam menjamin kelangsungan hidup Negara.

“Karena bila suatu negara tidak mampu mempertahankan diri terhadap ancaman yang datang, maka Negara tidak akan dapat mempertahankan hidupnya,” ucapnya.

Terlebih, ancaman terhadap Negara semakin Komplek bentuk dan Karakteristiknya. Meliputi, Aspek kehidupan bermasyarakat Berbangsa dan Bernegara. Tanpa mampu mempertahankan diri terhadap ancaman yang datang.

“Maka sebuah Negara tidak akan dapat mempertahankan hidupnya,” tuturnya.

Dalam Fenomena Populisme yang berkembang di Indonesia sebagai gerakan yang menggunakan Basis Identitas mulai berkembang cukup pesat. Populisme hanya Fokus pada sistem Demokrasi yang berdasarkan kepada kekuatan Mayoritas, hal ini tidak sejalan dengan semangat Kebhinekaan.

“Nilai-nilai yang dimiliki Bangsa Indonesia tersebut harus dipahami sebagai Wawasan Kebangsaan. Dimana Wawasan Kebangsaan ini menyatu secara utuh menjadi Jiwa Bangsa Indonesia dan Nilai-nilainya mengkristal dalam Pancasila,” tegasnya.

Sementara Wakil Walikota Malang Ir. Sofyan Edi Jarwoko menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bakesbangpol Kota Malang yang telah melaksanakan kegiatan Seminar Kebangsaan dengan tema “Penguatan Toleransi dalam Bingkai Kebhinekaan”.

“Tujuan kegiatan ini bagaimana mewujudkan Kota Malang bermartabat, kondusif dan memanusiakan-manusia. Guna terbangun kepercayaan masyarakat dalam kerukunan umat beragama,” tandasnya.

Dalam kegiatan tersebut bertindak sebagai moderator bapak Taufik Kusuma dari ketua FKUB Kota Malang yang turut dihadiri Wakil Walikota Malang Ir. Sofyan Edi Jarwoko, Staf ahli bidang hukum pemerintahan dan Politik Tabrani.,SH, M. Hum, Kapolresta Malang Kota yang di wakili Kanit Intelkam Aiptu Lubis Ibrolil Chosam, Kepala Bakesbangpol Kota Malang Dra. Rinawati, MM.,Wakil Rektor 1 UMM Prof. Dr. Syamsul Arifin, Msi, Ketua FKUB Kota Malang KH. Ahmad Taufik Kusuma, Toko Agama dan KPRM Bakesbangpol.

 

(Visited 31 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *