Ketua DPD HIPAKAD Jawa Timur Kerahkan Anggota Hadiri Penanaman Pohon Bersama Divif 2 Kostrad

SKETSAMALANG.COM – Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Himpunan Putra Putri Keluarga Angkatan Darat (HIPAKAD) Jawa Timur, H.Mujiono S.IP,M.PD. mengerahkan puluhan anggota HIPAKAD Kota Malang dan Kabupaten Malang untuk menghadiri pelaksanaan penanaman pohon bersama Divisi Infanteri 2 Kostrad.

Bertempat di Gunung Pucung dan Pusung Lading, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, ratusan pohon keras dan buah-buahan ditanam dalam rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-77 TNI, Rabu (12/10/2022).

Dihubungi terpisah, pria yang akrab disapa Abah Mujiono ini mengatakan, dirinya sengaja menerjunkan puluhan anggota HIPAKAD untuk mewakili dirinya dalam acara penanaman pohon bersama Divif 2 Kostrad.

Anggota HIPAKAD melaksanakan penanaman pohon. Foto: Ist
Anggota HIPAKAD melaksanakan penanaman pohon. Foto: Ist

“Kurang lebih sekitar 54 anggota HIPAKAD Kota Malang dan Kabupaten yang kita kerahkan dalam acara tersebut,” ucapnya.

Lebih lanjut, Abah Mujiono menyampaikan sejumlah manfaat menanam pohon bagi lingkungan. Salah satunya sebagai upaya meredam emisi karbon dan gas rumah kaca. Gas rumah kaca merupakan penyebab utama pemanasan global dan perubahan iklim. Efek yang dihasilkan antaranya suhu bumi meningkat.

“Menanam pohon menjadi solusi termurah dan paling efektif dalam mengatasi perubahan iklim,” ucapnya.

Selain itu manfaat pohon yang lainnya adalah sebagai sumber penghasil oksigen.

“Karena pohon dengan daun hijaunya akan menyerap karbon dioksida (CO2) di udara dan melakukan proses fotosintesis untuk menghasilkan oksigen (O2),” tuturnya.

Tak kalah penting, pohon juga dapat dimanfaatkan untuk mencegah terjadinya banjir. Mengingat, pohon dapat menahan laju air dan juga meresap ke dalamnya.

“Itulah mengapa, kita wajib menjaga kelestarian hutan. Karena ia berfungsi sebagai penghalang air banjir. Tepatnya, mencegah erosi tanah, mengurangi sedimen masuk ke sungai dan meningkatkan penyerapan air ke dalam tanah,” tandasnya.

Selain penanaman jenis pohon buah-buahan dapat diambil dari segi ekonominya.

“Adapun tujuan menanam pohon buah-buahan ini nantinya akan berdampak dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, karena bisa membantu perekonomian masyarakat dengan hasil buahnya,” pungkas Abah Mujiono.

(Visited 46 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *