Babinsa Kelurahan Ciptomulyo Dampingi Rikes Swab Karyawan Depo Pertamina

SKETSAMALANG.COM – Babinsa Koramil 0833/05 Sukun Kelurahan Ciptomulyo bersama Bhabinkamtibmas mendampingi Tim Medical Rikes Swab Antigen. Dan pemeriksaan urine bagi seluruh Staf Karyawan dan Depo Pertamina.

Bertempat di Jalan Halmahera No.13 Rw. 04 Kelurahan Ciptomulyo, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Kamis (13/10/2022).

Babinsa Koramil 0833/05 Sukun Kelurahan Ciptomulyo Serda Wakidun dan Kopka Arifin menyampaikan, kegiatan ini diikuti 250 orang.
Pemeriksaan dilakukan untuk mendeteksi ada tidaknya infeksi virus corona.

“Pemeriksaan dilakukan cepat dengan teknik pengambilan sampel dengan cara mengusap area dalam hidung,” jelasnya.

Sementara itu Tim Medical Jatim Balinus Surabaya, Wildan dan Dr. Diyah mengatakan,
Swab antigen dan rapid tes antigen adalah jenis tes yang sama karena hasil pemeriksaannya cepat. Disebut swab karena teknik pengambilan sampelnya dengan mengusap area dalam hidung.

“Swab antigen atau dikenal dengan rapid antigen bekerja dengan cara mendeteksi protein tertentu dari virus yang memunculkan respon kekebalan tubuh. Dan dari setiap tes tentu mempunyai akurasinya masing-masing,” terangnya.

Waktu yang dibutuhkan untuk mengetahui hasil dari tes PCR yaitu kurang lebih 6-7 jam. Sedangkan untuk rapid antigen memerlukan waktu sangat cepat. Ada beberapa laboratorium yang memberikan hasil pemeriksaan PCR hanya positif dan negatif saja, namun ada juga laboratorium yang memberikan hasil positif.

“Pemeriksaan tes rapid Antigen hanya mengeluarkan hasil positif dan negatif saja. Sedangkan tes rapid antibodi bisa mengeluarkan hasil dengan nilai angka tergantung dari jenis metode yang digunakan. Namun ada hasil pemeriksaan dengan hasil inkonklusif,” tandasnya.

(Visited 48 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *