Dandim 0833 Hadiri Deklarasi Moderasi Beragama Min 1 Kota Malang

SKETSAMALANG.COM – Komandan Kodim 0833/Kota Malang menghadiri acara Deklarasi Moderasi Beragama. Bersama siswa siswi lintas etnis dan agama dalam rangka menanamkan semangat kebangsaan dalam keberagaman kepada para siswa.

Mengusung tema “Bersinergi Lejitkan Prestasi”, kegiatan ini digelar di Min 1 Kota Malang, Jalan Bandung 7C, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Kamis (22/9/2022).

Dalam sambutannya, Kepala MIN 1 Kota Malang Drs. Suyanto, M.Pd mengatakan, MIN 1 Kota Malang ingin turut membangun sinergisitas guna mewujudkan kota Malang yang adem ayem. Dimulai dari kerukunan umat beragama melalui kegiatan moderasi beragama.

Menurutnya, moderasi beragama juga perlu diterapkan di lembaga pendidikan. Lembaga yang selalu berupaya untuk menanamkan semangat kebangsaan di dalam keberagaman.

Dandim 0833/Kota Malang memberikan sambutan. Foto: ANC

“Ini yang perlu kita rawat bersama-sama dan ini juga menjadi program prioritasnya dari Presiden,” ucapnya.

Lebih lanjut Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang, Dr. H. Muhtar Hazawawi, M.Ag, mengaku sangat bersyukur. Dimana hari ini bisa bersama-smaa memaknai sebuah implementasi moderasi beragama di tengah-tengah pendidikan madrasah yang luar biasa ini.

Saat ini, ada sejumlah program prioritas Kementerian Agama diantaranya, moderasi beragama, transformasi digital, revitalisasi KUA, kemandirian pesantren dan lain sebagainya ini.

Sebab itu, kegiatan ini menjadi sangat penting bagi kita semua, bagaimana menghadirkan seluruh komunitas agama bisa berdampingan di tanah air ini.

“Dalam kesempatan ini mari kita sama-sama menguatkan bagaimana implementasi menurut agama dalam berbagai kehidupan. Sebab beragama tentu menjadi satu yang paling esensi,” sebutnya.

Sementara itu, Dandim 0833/Kota Malang Letkol Kav Heru Wibowo Sofa S.H. M. Han berharap,
Agar para guru bisa memberikan ajaran yang terbaik. Dengan contoh suri tauladan yang baik pula.

Karena ada bahasa di TNI Polri, bahwa dalam pendidikan selalu hati-hati. Ojok jarkoni, ojo iso ujar iso ngajar tapi gak iso ngelakoni.

“Jadi dalam kesempatan yang baik ini, saya mengingatkan sekaligus menghimbau bagaimana menciptakan suatu kondisi yang baik di masyarakat. Dimulai dari lingkungan kecil lebih dulu,” tuturnya

“Kami dari Forkopimda Kota Malang Jangan hanya diajari bagaimana berprestasi dalam hal pendidikan saja. Tetapi juga bagaimana akhlak yang bai. Karena puncaknya dari iman itu adalah akhlak,” imbuhnya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Pembacaan Deklarasi Moderasi Beragama. Yang dibacakan oleh 6 Siswa Perwakilan Sekolah Lintas Agama. Dan diikuti oleh seluruh siswa, termasuk siswa yang mengikuti zoom meeting

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang Dr. H. Muhtar Hazawawi, M.Ag, Kepala MIN I Kota Malang Drs. Suyanto, M.Pd, Kapolres Malang diwakili oleh Kasat Bimas Polresta Malang Kota Kompol Sumarno, Ketua FKUB Kota Malang KH. Ahmad Taufik Kusuma, Para Guru dan siswa siswi Min 1 Kota Malang.

(Visited 22 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *