Babinsa Koramil 0833/04 Sukun Bina Pramuka Saka Wira Kartika

SKETSAMALANG.COM – Babinsa Koramil 0833/04 Sukun Kelurahan Pisangcandi melaksanakan kegiatan pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika. Bertempat di SMK Bhakti Luhur jalan Terusan Raya Dieng nomer 40 Kelurahan Pisangcandi, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Selasa (20/9/2022).

Babinsa Koramil 0833/04 Sukun Kelurahan Pisangcandi, Serma Hariyanto menjelaskan, Saka Wira Kartika merupakan binaan Kodim 0833/Kota Malang. Sebagai perwujudan kerja sama dengan guru kepala SMA yang ada di Kota Malang.

Dalam penyampaian materinya, Serma Hariyanto mengatakan, materi yang disampaikan kepada Pramuka Saka Wira Kartika meliputi 5 Krida. Yang mengacu kepada panduan dan petunjuk dari program TNI.

“Krida Navigasi Darat, Krida Pioneer, Krida Mountinering, Krida Survival dan Krida Penanggulangan bencana alam,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan, kegiatan pembinaan pramuka tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran bela negara.

“Melalui pengetahuan dan keterampilan serta kedisiplinan yang nantinya dapat berguna bagi dirinya dan masyarakat luas,” tandasnya.

Sementara itu, Danramil 0833/04, Kapten Arm Hadi Supratikno menyampaikan, kegiatan pembinaan Saka Wira Kartika juga berpengaruh terhadap generasi muda penerus bangsa. Selain sebagai wadah dalam menyalurkan bakat maupun kemampuan, juga dapat membentuk pribadi yang bertanggung jawab.

“Dalam mempersiapkan generasi muda, untuk menghadapi kemajuan zaman modern, hendaknya perlu menanamkan kedisiplinan serta mental yang kokoh dalam setiap tantangan,” tuturnya.

Dan untuk mencapai tujuan yang diharapkan perlu dilakukan pelatihan dan pembekalan secara berkala dan berkelanjutan. Dengan tetap memegang teguh pada Satya Darma Pramuka, imbuhnya.

Danramil juga mengatakan bahwa, kegiatan ini dilakukan guna memberikan wawasan serta pembekalan kepada anggota Saka Wira Kartika, agar menjadi generasi muda yang tangguh demi menghadapi masa yang akan datang.

“Pelatihan ini juga bertujuan untuk membentuk karakter seseorang yang berbudi pekerti luhur serta bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,” pungkasnya.

(Visited 54 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *