Babinsa Pandanwangi Bekali Anggota Pramuka SMKN 8 Kota Malang dengan Wawasan Kebangsaan

SKETSAMALANG.COM – Babinsa Koramil 0833/03 Blimbing Kelurahan Pandanwangi memberikan materi Wawasan Kebangsaan. Bagi para anggota Pramuka Saka Wira Kartika (SWK) di SMK Negeri 8 Kota Malang, Sabtu (3/9/2022).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka ekskul Pembekalan Wasbang dan pelatihan Pramuka SAka Wira Kartika yang diikuti oleh 420 siswa SMKN 8 Malang.

Dalam penyampaiannya, Babinsa Koramil 0833/03 Blimbing Kelurahan Pandanwangi Pelda Slamet Wahyudi mengatakan, pembinaan dengan materi Wasbang dan bela negara ini bertujuan memupuk rasa cinta tanah air dan bangsa kepada para generasi muda.

“Sengaja kami beri materi ini untuk menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap tanah air dan bangsa” ucapnya. .

Herman, demikian ia biasa dipangil, menambahkan, selain 5 Krida SWK yang meliputi penanggulangan bencana alam, navigasi darat, survival, pioneer, dan mountaineering, para anggota Pramuka juga diberikan pembekalan wawasan kebangsaan dan Bela Negara.

“Selain itu, kami juga memberikan materi sejarah perjuangan para pahlawan bangsai,” sebutnya.

Menurutnya, pembinaan semacam ini, menjadi kalender rutin Koramil 0833/03 Blimbing. Sebagai satuan teritorial dalam mengawal generasi penerus bangsa. Sehingga nantinya menjadi para pemimpin yang unggul, berdisiplin, dan mencintai bangsa serta negaranya.

“Karena di tangan merekalah, bangsa ini nantinya akan dibawa ke arah yang lebih maju lagi,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu siswi kelas 2 SMKN 8 Malang mengaku senang mengikuti kegiatan seperti ini karena dapat berinteraksi dengan sesama anggota SWK.

Lebih jauh ia menjelaskan, kegiatan semacam itu dapat menjadi ajang silaturahmi bagi sesamanya. Serta dengan para pamong SWK yang merupakan para Babinsa.

“Selain itu, dapat melatih karakter yang gigih, tidak egois, maupun berkomunikasi untuk menyelesaikan masalah,” tutupnya.

(Visited 9 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *