Gandeng Dispangtan, Kodim 0833/Kota Malang Sosialisasi Aplikasi iSIKHNAS

SKETSAMALANG.COM – Kodim 0833/Kota Malang bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Malang menggelar kegiatan Sosialisasi Aplikasi iSIKHNAS. Bertempat di Aula Makodim 0833/Kota Malang Jalan Kahuripan No.6, Kelurahan Kauman, Kecamatan Klojen, kegiatan ini diikuti 50 orang, Sabtu (23/7/2022).

iSIKHNAS adalah sistem informasi kesehatan hewan Indonesia yang mutakhir. Sistem ini menggunakan teknologi sehari-hari dalam cara yang sederhana namun cerdas untuk mengumpulkan data dari lapangan. Dan dengan segera menyediakannya bagi para pemangku kepentingan dalam bentuk yang bermakna dan
dapat segera dimanfaatkan.

Kapten Kav Sarmeli Pasiop Kodim 0833/Kota Malang menyampaikan, sosialisasi ini digelar agar Anggota dapat mencermati dan melaksanakan dengan sungguh-sungguh aplikasi yang disosialisasikan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian. Sekaligus dapat mengoperasionalkan materi dan menerapkan di koramil masing-masing.

“Apabila ada anggota yang kurang mengerti bisa langsung ditanyakan. Sehingga bisa dijelaskan langsung oleh tim dari Dispangtan,” ungkapnya.

Sementara itu, dr. David dari Dinas Ketahanan Pangan Kota Malang mengatakan, iSIKHNAS adalah sistem informasi kesehatan hewan Indonesia yang mutakhir, dibangun di atas prinsip kuat yang menempatkan pada pusat sistem orang-orang yang hidup dan bekerja di tengah masyarakat pedesaan. Sembari tetap menyediakan solusi analisis data yang disesuaikan bagi semua pengguna dan para pemangku kepentingan.

Data yang dikumpulkan dari laporan penyakit rutin maupun prioritas di lapangan, kiriman ke laboratorium dan hasil ujinya, data pemotongan maupun produksi serta investigasi penyakit prioritas, dapat diakses secara langsung.

“Begitu data tersedia, dapat digunakan dalam
proses pengambilan keputusan yang lebih mantap. Dan didasarkan pada bukti guna mengelola sumber daya dan mengendalikan penyakit,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan Pasiops Kodim 083/Bdj, Kapten Kav Sarmeli, Dinas Ketahanan Pangan Kota Malang dr. David, Danramil Jajaran Kodim 0833/Kota Malang, Pasi Jajaran Kodim 0833/Kota Malang, Anggota Kodim 0833/Kota Malang.

(Visited 35 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *