Kunjungi Kota Malang, Jenderal Moeldoko Apresiasi Kampung Wonosari Go Green

SKETSAMALANG.COM – Kampung Glintung Go Green mendapat kunjungan khusus dari Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko pada Rabu, (23/3/2022). Dalam kunjungan tersebut Moeldoko mengapresiasi kinerja Ir. Bambang Irianto sebagai inisiator yang merupakan pencetus kampung Glintung Go Green.

Jenderal Moeldoko menyanyikan Garuda Pancasila bersama warga. Foto: Ishak
Jenderal Moeldoko menyanyikan Garuda Pancasila bersama warga. Foto: Ishak

Bermula pada tahun 2012, saat ia dipilih sebagai Ketua RW 23 Kelurahan Purwantoro. Itu awalnya, sehingga menjadi salah satu pembina lingkungan tingkat nasional.

Moeldoko sangat terkesan dengan Kampung Wonosari Glintung Go Green karena bermanfaat bagi masyarakat luas khususnya warga sekitar, bahkan wujud apresiasi tersebut dengan memberikan sumbangan senilai Rp 15 juta.

“Kampung ini sangat dasyat, karena semuanya dilakukan dengan cara gotongroyong. Kalau semua wilayah di Indonesia seperti ini maka tidak ada lagi yang namanya kampung atau kampung tertinggal,” tuturnya.

 

Jenderal Moeldoko mengunjungi Rumah Prestasi Glintung Go Green. Foto: Ishak
Jenderal Moeldoko mengunjungi Rumah Prestasi Glintung Go Green. Foto: Ishak

Dalam kesempatan tersebut Moeldoko juga menerima penjelasan dr Bambang Irianto bahwa dulu kampung ini sangat kotor dan sering terjadi banjir, namun sekarang bisa berubah menjadi salah satu kampung terbaik di Malang bahkan mungkin di Indonesia.

Bambang Irianto mengatakan, menyambut baik bantuan dr KSP Moeldoko dan dana tersebut rencananya akan digunakan untuk mengembangkan Taman Garuda yang saat ini masih dalam proses penyelesaian, atau program lainnya.

“Nanti di dalamnya akan kita buat Saung Garuda, Saung Literasi Pancasila, Warung Kejujuran termasuk pengembangan urban farming. Sehingga masyarakat tertarik untuk datang dan belajar Pancasila di Wonosari,” ucapnya.

Jenderal Moeldoko memberikan testimoni Kampung Wonosari Go Gree. Foto: Ishak
Jenderal Moeldoko memberikan testimoni Kampung Wonosari Go Gree. Foto: Ishak

Bambang juga sempat menceritakan pengalamannya ketika awal membangun kampung ini bahwa banyak masyarakat yang enggan, namun karena bermodal gotong royong dan tekad semangat yang kuat akhirnya bisa terbentuk seperti saat ini. Dengan kata lain dalam membangun kampung tematik ini selalu menerapkan nilai yang terkandung dari Pancasila.

Sehingga dalam hal ini Pancasila bukan hanya sekedar slogan tapi melalui gotong royong dan kerjasama, ada nilai Pancasila yang diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat terutama untuk warga Wonosari Go Green itu sendiri. (Ishak Solambela)

(Visited 203 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *