UB Jadi Salah Satu PTN Paling Banyak Diminati Pendaftar SNMPTN 2022

SKETSAMALANG.COM – Berdasarkan data dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) jumlah peminat UB sebanyak 40.094 siswa dari seluruh Indonesia. Hal ini menjadikan Universitas Brawijaya (UB) sebagai salah satu PTN yang banyak diminati Pendaftar SNMPTN tahun 2022.

Dari jumlah tersebut, peminat saintek terbanyak Pertama adalah Prodi Kedokteran sebanyak 1.746 siswa, disusul Program Studi Ilmu Keperawatan sejumlah 1.332 siswa dan Prodi Teknik Informatika dengan jumlah peminat 1.303 siswa.

Sedangkan pada bidang Soshum dengan peminat terbanyak pertama adalah Progam Studi Ilmu Hukum sejumlah 1.625. Kedua Program studi Manajemen sebangak 1.569 dan yang ketiga adalah Program studi Ilmu Administrasi Bisnis sebanyak 1.141 peserta.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. drh. Aulanni’am, DES. Foto: Ist
Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. drh. Aulanni’am, DES. Foto: Ist

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Aulanni’am, drh., DES mengatakan tahun ini kuota SNMPTN menjadi 20 persen.

“Karena UB sudah PTNBH maka jumlah kuota SNMPTN sebanyak 20 persen. Jika jumlah Maba 2022 nanti yang masuk diperkirakan sekitar 15.000an maka jumlah yang diterima lewat jalur SNMPTN kurang-lebih 3000 an mahasiswa,”kata Prof Aul.

Prof Aul menambahkan, untuk SNMPTN dan SBMPTN semua mengelola dari LTMPT. UB hanya mengambil berdasarkan kuota yang ditentukan.

“Kita sudah diberikan data dari LTMPT dan tinggal menentukan sesuai dengan kuota masing-masing fakultas,” katanya.

Profesor Bidang Ilmu Biokimia tersebut menjelaskan untuk SNMPTN tidak hanya nilai akademik saja yang berpengaruh namun prestasi kakak kelas yang berada di perguruan tinggi bersangkutan juga ikut dinilai serta catatan dari LTMPT seperti peserta yang tidak daftar ulang setelah diterima di SNMPTN.

Sementara itu, pendaftaran SNMPTN dimulai tanggal 14 sampai dengan 28 Februari 2022. Dan Pengumuman akan di sampaikan pada tanggal 29 Maret 2022 Pukul 15.00 WIB melalui website Selma.ub.ac.id. (rilis)

(Visited 129 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *