PWI Malang Raya Kembali Buka Pendaftaran UKW, Ini Persyaratannya

SKETSAMALANG.COM – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya, terus berupaya untuk mencetak wartawan yang kompeten dengan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Kegiatan UKW kali ini diagendakan akan digelar pada 18 Maret hingga 20 Maret 2022, yang direncanakan akan diikuti oleh beberapa wartawan yang ada di Indonesia.

Ketua PWI Malang Raya, Cahyono mengatakan, di era kepengurusannya saat ini, PWI Malang Raya sudah menggelar UKW dua kali, dan akan menggelar yang ketiga kalinya, serta tanpa dipungut biaya alias gratis bagi 36 pendaftar pertama.

“Ini upaya kami (PWI) untuk meningkatkan kualitas kinerja para wartawan, agar dapat menjadi wartawan yang andal dan profesional,” ucapnya, Senin (7/3).

Menurut Cahyono, dalam pelaksanaan UKW kali ini, PWI Malang Raya akan membuka enam kelas, yang mana dalam satu kelasnya ada enam peserta, sedangkan untuk waktu pendaftaran dibuka mulai hari ini (Senin 7/2) hingga Senin (21/2) mendatang.

“Untuk pesertanya sementara kita buka enam kelas, tapi tidak menutup kemungkinan bisa ditambahkan lagi kelasnya, dan kita lebih mengutamakan anggota PWI khususnya di Malang Raya,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia UKW PWI Malang Raya, Noordin Jihad mengaku, dalam pelaksanaan UKW ini antusias para wartawan seluruh Indonesia.

“Dalam UKW kali ini antusias teman-teman wartawan sangat tinggi, itu terlihat di hari pertama pendaftaran slot satu kelas sudah terpenuhi, jadi tinggal lima kelas lagi,” katanya.

Noordin menegaskan, dalam pelaksanaan UKW ini, banyak wilayah yang sudah konfirmasi untuk mengikutinya, hampir seluruh wartawan dari 36 Kabupaten/Kota di Jatim, bahkan dari Provinsi Jawa Barat, Kalimantan sudah menyatakan kesiapannya untuk mengikuti UKW ini.

“Wartawan yang sudah mendaftar sudah banyak, bahkan ada dari luar provinsi, UKW ini untuk jenjang muda, madya dan utama,” tandasnya.

Para peserta diminta untuk menyerahkan persyaratan-persyaratan dalam bentuk hard file dan soft copy pdf ke Sekretariat UKW di Graha Malang post, Ruko WOW cluster Apple 1-6, Jalan Raya Sawojajar, Kota Malang.

Sedangkan, untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Ra Indrata malalui nomor telepon 081333333911, dan saudara Sapteng Mukti Nunggal dengan nomor telepon 0812-5203-4734.

Berikut persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi para peserta, yakni:

1. Khusus anggota atau calon anggota PWI
2. Mengisi formulir pendaftaran
3. Pas foto 3×4 formal, background merah
4. FC KTP dan ID Card (kartu pers)
5. Curriculum Vitae (CV)
6. Surat pernyataan bukan bagian/anggota parpol, TNI atau \ Polri
7. FC Sertifikat UKW untuk jenjang Madya dan Utama
8. Pengalaman jurnalistik (minimal 1 tahun untuk jenjang Muda)
9. Surat tugas atau rekomendasi dari Pemred
10. Surat komitmen menayangkan pemberitaan dari Pemred
11. Salinan Akta Notaris Badan Hukum (sampul depan, halaman pertama dan bagian pasal 3), serta salinan SK Menkumham
12. Sertifikat Verifikasi Faktual Media dari Dewan Pers (jika ada)

(Visited 224 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *