Mahasiswa UIN Malang melaksanakan KKM-DR di Bank Tani Al Barru. Foto: Ist

Mahasiswa UIN Malang Laksanakan KKM-DR di Bank Tani Al Barru Cemorokandang

SKETSAMALANG.COM – Mengusung tema “Moderasi Beragama dan Peningkatan Sosial Ekonomi Masyarakat”, sejumlah mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Mahasiswa Dari Rumah (KKM-DR). Berlokasi di Bank Tani Al Barru, belasan mahasiswa UIN Malang ini melaksanakan kegiatan KKM-DR selama sebulan penuh mulai 27 Desember 2021 hingga 27 Januari 2022.

Mewakili kelompoknya, Ayu Utami Safitri menjelaskan, KKM-DR merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa setelah mereka mendapatkan bekal pengetahuan dan keterampilan dari bangku kuliah.

“KKM-DR ini dilakukan oleh mahasiswa semester 5. Dimana setiap kelompok terdiri dari 15 mahasiswa dari berbagai jurusan,” jelasnya saat ditemui di Bank Tani Al Barru, Minggu (9/1/2022).

Mahasiswa KKM-DR UIN Malang memberikan pembelajaran kepada siswa MI Cemorokandang. Foto: Ist
KKM-DR UIN Malang memberikan pembelajaran kepada siswa MI Cemorokandang. Foto: Ist

Lebih lanjut disampaikan Ayu, dipilihnya Bank Tani Al Barru yang berlokasi di Kelurahan Cemorokandang, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang sebagai tempat KKM-DR, lebih kepada potensi yang dimiliki. Diantaranya potensi UMKM, Asuhan Mandiri Tanaman Obat (Asman Toga) dan bank sampah.

“Selain itu karena ada anggota kami yang berasal dari daerah sini sehingga dia merekomendasikan tempat ini untuk mengembangkan potensi UMKM dan pendidikan yang ada di sini,” terangnya.

Disebutkan Ayu, ada berbagai program yang mereka laksanakan untuk warga Cemorokandang yaitu mengajar di TPQ, mengajar di sekolah satu minggu penuh kecuali hari Minggu. Selanjutnya memberikan less Bahasa Inggris gratis pada jenjang TK sampai SMP.

“Jadi kami memberikan materi seputar pelajaran TK, MI, MTS sekaligus membimbing para siswa dalam mengerjakan perkerjaan rumah (PR),” sebutnya.

Mahasiswa KKM-DR UIN Malang memberikan les kepada anak-anak di Cemorokandang. Foto: Ist
Mahasiswa KKM-DR UIN Malang memberikan les kepada anak-anak di Cemorokandang. Foto: Ist

Berikutnya ada juga kegiatan bersih-bersih Masjid setiap hari Jumat dan mengadakan acara shalawat setiap Sabtu Malam. Kemudian ada program pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang difokuskan pada Asman Toga.

Senada, anggota yang lain, Andira Alif Anggraini mengatakan, agar UMKM Asman Toga yang ada di Bank Tani Al Barru bisa lebih dikenal masyarakat luas, maka perlu adanya strategi pemasaran yang lebih inovatif. Karena itu kelompoknya membantu mempromosikan melalui media sosial dan market place.

“Kami juga membantu mendesain kemasan dan label semenarik mungkin agar terlihat lebih kekinian. Termasuk siap membantu mempermudah dalam memperoleh perijinan usaha,” ungkapnya.

Selama melaksanakan KKM-DR, menurutnya mereka juga mendapatkan ilmu baru dari owner Bank Tani Al Barru, Efrida Hartini. Disana mereka mendapatkan pelatihan pembuatan jelly Kilabut (Kelor, Telang, Lidah buaya) dan pembuatan eco enzim.

“Jadi ilmu dan pengalaman yang didapatkan selama KKM-DR ini bisa kami tularkan ke warga yang lain,” tandasnya.

Mahasiswa KKM-DR UIN Malang praktek membuat Eco Enzim. Foto: Ist
Mahasiswa KKM-DR UIN Malang praktek membuat Eco Enzim. Foto: Ist

Sementara itu owner Bank Tani Al Barru sekaligus pembimbing lapang, Efrida Hartini mengatakan, selama menjalani KKM-DR di tempatnya, para mahasiswa UIN Malang ini juga diajak mengikutinya kegiatan UMKM Asman Toga. Mulai dari menanam, memanen, penanganan pasca panen, hingga produksi.

“Tujuannya agar mereka tau bahwa kami disini selama pandemi masih mempunyai kegiatan usaha yang bisa menghasilkan uang meskipun tidak banyak,” ucapnya.

“Saya juga minta tolong dibuatkan desain kemasan yang bagus termasuk pembuatan desain untuk di kardus. Jadi mahasiswa ini membantu kami untuk membuatkan desain kemasan,” pungkasnya.

 

(Visited 1,415 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *