drh. Albiruni Haryo, M.Sc. memperkenalkan profesi dokter hewan kepada siswa KB-TK Lab UM, Senin (20/12/2021). Foto: Ist

Kenalkan Berbagai Macam Profesi, KB-TK Lab UM Terapkan Program Kelas Inspirasi

SKETSAMALANG.COM – Belajar sambil bermain adalah dunia anak usia dini yang harus dimaksimalkan perannya. Peran anak juga peran orang tua, dan guru pengajarnya sangat pebting. Terlebih di era new normal ditengah pandemi covid-19 yang masih berlangsung. Bagaimana metode pembelajaran agar dapat optimal diterima siswa dan menemukan figure personal sebagai panutannya.

Berangkat dari kondisi ini, KB-TK Laboratorium Universitas Negeri Malang (KB-TK Lab UM) mencoba menerapkan metode Kelas Inspirasi kepada para siswanya.

Kepala sekolah KB-TK Laboratorium UM Kota Malang, Rahayu Asyhari, S.Pd, menjelaskan, pada metode Kelas Inspirasi ini, orang tua turut dilibatkan sebagai ‘Guest Teacher’. Sebab peran orang tua tidak hanya dalam pendidikan tetapi juga pertumbuhan dan perkembangan anak. Menentukan tumbuh kembang anak dari statis menjadi dinamis.

Siswa KB-TK Laboratorium UM Kota Malang dikenalkan pada salah satu hewan peliharaan, Senin (20/12/2021). Foto: Ist
Siswa KB-TK Laboratorium UM Kota Malang dikenalkan pada salah satu hewan peliharaan, Senin (20/12/2021). Foto: Ist

“Jadi orang tua dihadirkan di sekolah untuk mengajar tentang profesi yang mereka tekuni kepada siswa. Harapannya siswa dapat meneladani orang tua sebagai imaginasi cita-cita anak ketika sudah besar nanti. Serta dapat menstimuli rasa percaya diri siswa terhadap orang tua ketika tampil di hadapan teman sekelas,” jelasnya di halaman depan kantor KB-TK Laboratorium UM, Senin (20/12/2021).

Lebih lanjut, perempuan yang akrab disapa  Miss Ayu oleh para siswanya ini mengatakan, program kelas inspirasi dilaksanakan sebulan sekali, sesuai kesepakatan waktu orang tua siswa bersama pihak sekolah. Menurutnya, partisipasi orang tua dalam program guest teacher ini diharapkan dapat sosialisasi program tahun ajaran baru. Pihak sekolah juga memberikan informasi kepada orang tua tentang tumbuh kembang anak.

Sekaligus, menjalin komunikasi antar tokoh masyarakat alumni siswa,  serta memperkuat silaturahmi antar wali murid dan guru sehingga dapat mendukung program sekolah.

“Hasil kegiatan guest teacher ini nantinya dapat berpengaruh terhadap aspek perkembangan anak tercapai (spiritual dan moral), social emotional, bahasa, seni, kognitif, dan fisik motorik,” terang Miss Ayu.

Berdasarkan hal ini, maka program guest teacher lebih ditekankan pada mengajarkan siswa pada macam-macam profesi sehingga siswa bangga terhadap orang tuanya, menumbuhkan inspirasi bagi cita-cita siswa dan menghargai setiap profesi.

Kepala sekolah KB-TK Lab UM Kota Malang Rahayu Asyhari menyerahkan cinderamata kepada drh. Albiruni Haryo, M.Sc, Senin (20/12/2021). Foto: Ist
Kepala sekolah KB-TK Lab UM Kota Malang Rahayu Asyhari menyerahkan cinderamata kepada drh. Albiruni Haryo, M.Sc, Senin (20/12/2021). Foto: Ist

Seperti hari ini contohnya, kegiatan Guest Teacher menghadirkan dokter hewan drh. Albiruni Haryo, M.Sc. Beliau merupakan alumni siswa TK Laboratorium UM Malang, sekaligus direktur Satwa Sehat Indonesia dan Dosen Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya.

Dalam kegiatan ini para siswa dikenalkan pada profesi dokter hewan. Tugasnya seperti apa, termasuk alat-alat yang digunakan untuk memeriksa hewan.

“Para siswa juga dikenalkan dengan nama macam-macam hewan peliharaan dan cara merawatnya bagaimana. Seperti cara memberi makan, minum, vitamin dan cara memandikan,” sebutnya.

“Pada kegiatan ini, drh. Albiruni juga membawa kucing sebagai salah satu hewan peliharaan. Jadi siswa bisa langsung praktik mengelus kucing dan memberi makan,” pungkasnya.

(Visited 399 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *