Foto bersama para peserta Bakti Sosial Tanam Pohon dan Resik Kali di Bamboo Mewek Park, Minggu (19/12/2021). Foto: Agus N

Bakti Sosial Di Bamboo Mewek Park, Alfamart Sumbang Bibit Pohon Durian

SKETSAMALANG.COM – PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) kembali menujukkan komitmennya untuk turut menjaga lingkungan. Kali ini dalam rangka HUT Kader Lingkungan Kota Malang ke XI, Alfamart bersama Dinas Lingkungan Hidup,  kader lingkungan, dan komunitas peduli lingkungan berkolaborasi menggelar acara bakti sosial ‘Tanam Pohon dan Resik Kali’ di Bamboo Mewek Park.

Ratusan bibit tanaman buah dan tanaman hias diserahkan untuk kemudian ditanam di salah satu objek wisata yang berlokasi di Kelurahan Tunjungsekar, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang ini.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang, Wahyu Setianto, mengatakan, kegiatan tanam pohon dan bersih kali seperti ini sebenarnya hampir setiap minggu dilakukan di wilayah 5 kecamatan yang ada di kota Malang. Hal ini menunjukkan bahwa kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sudah semakin meningkat dan luar biasa.

“Jadi bukan hanya pemerintah saja, tapi sekarang justru masyarakat juga harus turut berperan aktif menjaga lingkungan. Itu yang kami harapkan,” ujarnya usai menghadiri acara tanam pohon dan resik kali di Bamboo Mewek Park, Minggu (19/12/2021).

Penyerahan bibit pohon durian oleh Communication Regional Manajer bersama Kepala DLH Kota Malang, Minggu (19/12/2021). Foto: Agus N
Penyerahan bibit pohon durian oleh Communication Regional Manajer Alfamart bersama Kepala DLH Kota Malang, Minggu (19/12/2021). Foto: Agus N

Menurutnya, kegiatan ini melibatkan kader lingkungan dari 5 kecamatan, DLH, dan unsur masyarakat yang lain. Kemudian ada juga sumbangsih dari Alfamart yang memberikan bibit tanaman buah durian.

Disampaikan Wahyu, jika sudah berbicara tentang lingkungan, maka selain menjaga kebersihan, penanaman pohon juga harus terus dilakukan.

“Jadi kalau jumlah pohon bertambah banyak, maka otomatis oksigen kita semakin banyak. Dan Isyaallah masyarakat kota Malang akan bisa lebih sehat lagi,” tuturnya.

Lebih lanjut, Corporate Communication Regional Manajer PT Sumber Alfaria Trijaya M. Faruq Asrori, menyebutkan, pemberian bibit pohon durian kepada masyarakat ini merupakan salah wujud dari enam pilar CSR Alfamart yaitu Alfamart clean and green.

“Ada dua jenis bibit durian yang kami serahkan yaitu durian Musang King dan Bawor,” sebutnya.

Menurutnya, dari Alfamart sendiri menargetkan untuk melakukan penanaman 22 ribu pohon secara nasional yang tersebar di 32 cabang Alfamart se Nusantara.

“Di Kota Malang sendiri, untuk penanaman pohon kita bekerjasama dengan kader lingkungan hidup Kota Malang. Hingga saat ini Alfamart telah melakukan penanaman pohon di lima kecamatan di Kota Malang yaitu di Lowokwaru, Sukun, Kedungkandang, Blimbing dan Klojen.

Sementara itu Ketua Kader Lingkungan Kecamatan Lowokwaru, Kasiyan mengatakan, kegiatan yang dilakukan dalam acara bakti sosial kali ini diantaranya  pemotongan rumput, pembersihan kali dan penanaman pohon yang disuport Alfamart berupa pohon durian.

“Sesuai permintaan, Alhamdulillah kami disuport bibit tanaman durian oleh Alfamart.

Karena kedepannya di tempat ini akan dijadikan sebagai kampung tematik kampung wisata petik durian,” ucapnya.

Penanaman bibit pohon durian di area Bamboo Mewek Park, Minggu (19/12/2021). Foto: Agus N
Penanaman bibit pohon durian di area Bamboo Mewek Park, Minggu (19/12/2021). Foto: Agus N

Selai itu ada juga sumbangan bibit tanaman dari kader lingkungan kecamatan berupa tanaman hias seperti pucuk merah, andong, bulu ayam dan lain sebagainya. Termasuk juga sumbangan bibit tanaman keras dari komunitas peduli lingkungan.

“Total keseluruhan tanaman yang ditanam hari ini kurang lebih 600 tanaman,” pungkasnya.

 

(Visited 173 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *