Produk Unggulan Mahasiswa IPB Ramaikan KMI XII di Malang

SKETSAMALANG.COM – Aneka produk unggulan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi dipamerkan dalam kegiatan Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) XII yang diselenggarakan di Universitas Brawijaya (UB) 17-19 november 2021. Termasuk beberapa produk unggulan dari mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB).
Tercatat ada lima produk karya mahasiswa IPB yang turut ditampilkan dalam gelaran akbar KMI XII. Yakni Tayos Fresh, Pivot Bimbel, Rovestik dan S’Bacow Official.
Berikut penjelasan empat produk usaha mahasiswa IPB :
 
Tayos Fresh
Tayos Fresh merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang agrobisnis berbasis kemitraan dengan petani lokal dalam upaya pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat. Berbasis sistem digital marketing, Tayos Fresh menyediakan platform belanja online sebagai media pemasaran produk pertanian dengan kualitas premium yang telah melalui proses sortasi, grading, dan packaging.
Madu Klanceng, salah satu produk yang di jual di Tayos Fresh. Foto : Agus N
Manfaat Tayos Fresh:
•Meningkatkan nilai pendapatan dari para petani baik dari segi kuantitas dan juga kualitas produksi.
•Memberikan akses kemudahan untuk para konsumen dalam mendapatkan kebutuhan pangan sehari-hari dengan harga dan kualitas produk yang terbaik berbasis teknologi modern yang memberi kemudahan dalam proses transaksi jual beli.
•Memotong rantai pasar yang cenderung merugikan petani.
•Memberdayakan desa dengan menjalin mitra pemasok produk hulu sekaligus mencerdaskan masyarakat khususnya petani terkait sistem pertanian 4.0.
•Membuka lapangan pekerjaan baru.
Pivot Bimbel
Pivot Bimbel merupaka suatu program untuk membimbing mahasiswa tingkat satu IPB University dalam belajar dan mengakselerasi prestasi baik akademik maupun non akademik. Pivot Bimbel kini memiliki 14 orang pengajar berkualitas.
Bentuk pembelajaran yang disediakan terdiri dari:
•Pembelajaran online secara langsung
•Adanya grup diskusi dan free pelatihan softskill
•Adanya latihan soal dan try out berkala
Cookly
Cookly, adalah jenis usaha yang tergolong UMKM bergerak di bidang Homemade Food and Beverages dengan sistem Busines to Customers.
Cookly, produk roti tawar berbahan dasar tepung mocaf. Foto : Agus N
Cookly menghasilkan produk roti tawar berbahan dasar tepung mocaf agar dapat menghasilkan produk yang bebas gluten.
Rovestik Bahagia
Rovestik Bahagia Company merupakan perusahaan makanan yang menyediakan berbagai produk olahan dari mangrove.
Produk utamanya yaitu ROVESTIK, merupakan keripik stik olahan dari daun mangrove Pluechea indica dengan berbagai manfaat diantaranya dapat mencegah hepatitis, dapat menurunkan demam, dan dapat meningkatkan nafsu makan.
S’Bacow Official
S’Bacow Official adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri kreatif yang memproduksi produk shampo alami berbahan dasar Tembakau. Tembakau memiliki bahan aktif yang berperan dalam membunuh serangga yaitu senyawa nikotin dan turunannya, antara lain alkaloid nikotin dan nikotin sulfat.
S’Bacow, shampo alami untuk hewan berbahan tembakau. Foto: Agus N
Manfaat :
•Menghilangkan ektoparasit hewan
•Memberikan rasa lembut pada rambut atau bulu hewan
•Mengobati kulit bau dan topikal
•Anti-bakteri
•Mengurangi gatal-gatal pada hewan
(Visited 86 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *